-->

Pengertian Sniffing attack, Cara kerja dan cara Pencegahannya lengkap


image pengertian sniffing

pengertian Sniffing attack, Cara kerja dan cara Pencegahannya lengkap - slamat siang sobat FHX Tutorial..., pada postingan kali ini sya akan memberikan penjelasan mengenai teknik hacking yang cukup populer yang fokus kepada penyerangan jaringan di sekitar kita.

teknik hacking yang di maksud tidak lain yaitu teknik hacking Sniffing attack, ada yang sudah tahu apa itu sniffing attack? kalo belum mari saya jelaskan.

Pengertian Sniffing Attack


Sniffing attack merupakan sebuah teknik penyerangan jaringan yang di lakukan dengan cara menangkap lalu lintas jaringan menggunakan sniffer (software yang di gunakan untuk sniffing)
kemudian di susun ulang sehingga dapat mudah di baca oleh pelaku sniffing.

saat data di kirimkan melalui jaringan baik itu LAN, WLAN atau yang lainya, jika paket data tidak di enkripsi data yang melintas tersebut dapat dengan mudah di baca mengguakan sniffer.

Baca juga :
 dengan menggunakan aplikasi sniffer attacker dapat membaca, menganalisis dan mendapatkan informasi yang bisa di gunakan untuk melakukan crashing/perusakan pada jaringan, bahkan penyerang dapat membaca seluruh komunikasi yang terjadi pada jaringan.


Cara kerja teknik sniffing attack

cara kerja teknik hacking sniffing

dengan teknik sniffing penyerang dapat mengetahui seluruh percakapan yang ada di jaringan, dan teknik sederhana ini dapat menjadi ancaman serius pada jaringan komputer. dengan tool sniffer attacker dapat mengambil informasi sensitif dari jaringan seperti lalu lintas Email, lalu lintas web, lalu lintas FTP dan masih banyak lagi.

seperti yang sudah saya katakan sebelunya teknik ini hampir mirip dengan teknik Man In The Middle Attack, hanya saja dengan teknik sniffing penyerang hanya dapat membaca paket data yang terlintas di jaringan saja tanpa dapat memodifikasi paket data tersebut. dengan sniffer attacker hanya dapat menonton, menampilkan, dan mencatat lalulintas data tanpa mengubahnya.

Cara mencegah serangan sniffer

Cara mencegah serengan sniffing attack

dalam keamanan jaringan, tentu saja ada upaya untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak di inginkan, termasuk mencegah serangan Sniffing attack ini, lebih jelasnya sebagai berikut.

untuk mengamankan jaringan dari serangan Sniffing, organisasi atau user individu dapat memilih untuk tidak menggunakan aplikasi yang menggunakan protokol tidak aman, seperti autentikasi dasar, Fie Transfer Protokol (FTP), dan Telnet.

Sebaiknya, gunakan protokol aman seperti Hyper Text Transfer Protokol (HTTPS), secure file transfer protokol(SFTP), dan Secure Shell (SSH) agar lalu lintas data menjadi lebih aman.

walaupun jika kalian memang membutuhkan prortokool yang tidak aman dalam aplikasi apapun, usahakan semua transmisi data harus di engkripsi. bahkan jika perlu gunakanlah VPN untuk menyediakan akses aman ke pengguna.

sekian dulu postingan tentang pengertian Sniffing attack, Cara kerja dan cara Pencegahannya lengkap, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter